Selasa, 04 Januari 2011

Kisah Cinta Aa Gym dan Teh Ninih (1)

JAKARTA-C&R/OMG-Kabar mengejutkan datang dari pasangan KH Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym dan Ninih Muthmainnah atau Teh Ninih. Mereka diberitakan telah bercerai secara agama. Seperti apa kisah cinta mereka?.

Yan Gymnastiar lahir di Bandung, Jawa Barat, pada 30 Februari 1962. Ia kemudian lebih dikenal sebagai Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym. Selain sebagai pendakwah, Aa- begitu ia biasa disapa-dikenal sebagai penyanyi, penulis buku, pengusaha sukses, dan pendiri Pondok Pesantren Darut Tauhid di Jalan Gegerkalong Girang, Bandung, Jawa Barat.

Nama Aa Gym kian berkibar sejak memperkenalkan cara berdakwah yang unik dengan gaya teatrikal serta sarat pesan-pesan Islami yang penuh kedamaian. Pesan-pesan praktis dan umum itu mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pesan-pesan dakwah Aa Gym berkisar pada pengendalian diri, hati nurani, toleransi, dan keteguhan iman. Kondisi itu membuat Aa Gym digemari oleh kalangan ibu-ibu rumah tangga karena ia membangun citra sebagai sosok pemuka agama yang berbeda dengan ulama lain. Saat sejumlah ulama “konvensional” berdakwah tentang keutamaan salat, puasa, dan kemegahan surga, Aa Gym lebih memilih untuk bercerita tentang pentingnya hati yang tulus, keluarga sakinah, mawadah, dan warahmah.

Dalam berdakwah ia menggunakan bahasa sehari-hari yang ringan sehingga mudah dimengerti oleh semua kalangan. Topik pembahasannya pun seputar keluarga sehingga jemaahnya lebih banyak ibu-ibu rumah tangga. Oleh karena itu, sebagian jemaah ia disematkan sebagai “ustaz keluarga bahagia.”

Soal kehidupan rumah tangganya dengan Teh Ninih, Aa Gym pernah menceritakan bahwa ia menikahi Teh Ninih pada 12 Rabiul Awal 1987. Pernikahan berlangsung secara sederhana di Pondok Pesantren Kalangsari, Cijulang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Pernikahan itu hanya dihadiri kerabat dan para ulama. Maklum, Teh Ninih merupakan anak seorang kiai dari Cijulang.

Ketika itu, untuk menghemat jamuan bagi para tamu, digunakan nampan (niru). Satu nampan disiapkan untuk menjamu delapan tamu. Sesudah menikah, Teh Ninih tak diboyong ke rumah sendiri, melainkan tinggal di rumah orang tua Aa Gym di Kompleks Perumahan Angkatan Darat (KPAD), Gegerkalong, Bandung. (Komar/bbs/Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...