Rabu, 08 Desember 2010

Cara mengatasi IP Conflict

Kalau conflig gara2 ada user yg coba2 ip atau pc lain gunain tuh ip, ente bisa check dengan cara kyak gini
- Buka event_viewer di ‘control panel’ >> ‘Administrative Tools’ >> ‘Event Viewer’
- Buka perintah Error untuk source tcpip. buka file tsb dan catat mac addres-nya
- Scan Gunakan 'network scanner' (kalo ane pake ini). Atur agar informasi mac-address, computer-name, ip dibuka.
- Cari berdasarkan mac-address, liat nama komputer-nya yg menyebabkan conflict & ip-nya

Tapi kalau ternyata ini merupakan ARP spoofing, gak jelas apa ini virus atau malware tadi yang pasti antara dua itu . coba dengan cara yang ini:

- Langkah pertama yang dilakukan adalah , download malwarebyte dan juga jangan lupa update avg dikomputer server terlebih dahulu .

- Langkah selanjutnya adalah cabut semua kabel LAN, lalu untuk giliran pertama scan komputer server dengan malware byte lalu disusul dengan AVG , selanjutnya ke semua client ( dalam posisis kabel LAN kecabut semua )

- Nanti bisa ketahuan mana yang komputer suspect sebagai biang yang membuat System Ip Conflict , yang menyamarkan semua address mac komputer sama .

- kalau ada salah satu komputer yang di scan dengan malwarebyte tidak bisa dibersihkan ( kasus saya kemaren sampai 200 erors ) dan ketika mau di bersihkan dia mendisable registry sendiri dan selalu restart2 terus, hajar saya tuh pc ! install ulang ! dari pada install ulang smua :D.

- setelah semua pc bersih , langkah selanjutnya adalah untuk pencegahan . Kalau yang ini sih saya dapat dari tutorial di website lain . Catat semua mac address setiap komputer , dengan cara ketik ipconfig/all di prompt/dos . ( physical address merupakan mac address )

setelah di catat semua komputer, bikin Bat file dan namakan saja dengan antiarp.bat misalkan lalu dijalankan di startup di setiap komputer , sehingga setiap komputer nyala akan mengeksekusi antiarp.bat .

gak tau cara jalanin di startup ? dari start menu klik kanan ---> open ---->program ---> start up

lalu dari menu file pilih new -- -> shortcut dan pilih antiarp.bat

selesai :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...